Pelatihan Nasional Sagin

Sekretariat Mandiri yang baik menjadi salah satu ujung tombak perkembangan organisasi Sagin. Hal ini semakin dirasakan kebutuhan dari waktu ke waktu. Ini sesuai dengan Visi 2008 yang salah satunya membentuk Sekretariat Mandiri di 12 Provinsi. Dan untuk menunjang itu sejak awal 2007 Lembaga Administrasi PP Sagin telah menerbitkan Juklak SOP Kesekretariatan sebagai panduan bagi semua organisasi Sagin.

Dan dalam rangka meningkatkan fungsi dan peranan Sekretariat Mandiri di daerah masing-masing, dirasakan perlu untuk memberikan pengertian dan penjabaran tugas-tugas Sekretariat Mandiri tersebut. Untuk itu Lembaga Administrasi PP MBI mengadakan sebuah pelatihan yang dinamakan ‘Pelatihan Sekretariat’ pada tanggal 17-18 November 2007 di Gedung Pusdiklat ABI, di Patra, Jakarta.
Acara yang dihadiri oleh 22 orang peserta dari 13 Provinsi (Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Babel, Lampung, DKI Jakarta, Jateng, DI Yogyakarta, Jatim, Bali, Sulut dan Papua) ini dilaksanakan secara santai tapi serius. Dimulai dengan sambutan oleh Krishnanda WM selaku Wakil Ketua PP MBI, yang menekankan pentingnya Pendataan dan Administrasi yang baik, sehingga kita bisa memiliki database yang baik, dilanjutkan oleh YA. Dharmavimala Thera, yang membabarkan perkembang-an Agama Buddha di Indonesia dan wawasan Buddhayana. Acara selama 2 hari ini juga diisi oleh UP. Budiman (Sekum PP MBI), UP. M.Canto Santoso (Ketua Lembaga Administrasi), UP. Henry Gunawan (Kepala Kantor PP MBI), dan sesi workshop ‘Effective Meeting’ oleh Hendra (Pusdiklat ABI). Serta tidak lupa juga diisi dengan sesi sharing dengan semua Badan Otonom serta sesi sharing dengan Lembaga ter-kait, yakni Lembaga Pendidikan & SDM, Lembaga Mitra, Lembaga Penerbitan & Medkom.

Peserta yang sebagian besar merupakan staf Sekretariat Mandiri dan Pengurus Lembaga Administrasi di MBI masing-masing ini merasakan manfaat yang besar dengan pelaksanaan kegiatan ini. Mereka menjadi lebih paham mengenai organisasi Buddhayana dan hubungan satu dengan lainnya. Dalam kegiatan ini, selain dibahas mengenai Juklak Kesekretariatan, yang disepakati akan dilakukan beberapa perbaikan, juga disepakati adanya pertukaran informasi yang rutin setiap bulan- nya, antar MBI daerah dan Pusat.
(Vera)